Senin, 28 September 2020

Antara Belajar dan Mengajar

 Assalamualaikum, Wr. Wb


Antara Belajar dan Mengajar


            Belajar adalah usaha seseorang untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas tingkah laku untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Sedangkan mengajar adalah rangkaian aktivitas untuk mengatur suatu lingkungan sehingga membuat peserta didik dapat belajar dengan baik.

 

          Di masa pandemi covid-19 ini, kami para guru dituntut untuk berfikir lebih keras bagaimana caranya agar proses pembelajaran tetap berlangsung meski prosesnya berpindah yaitu dengan sistem Belajar Dari Rumah (BDR). Tahun ini saya mengajar di kelas V di salah satu SDN di Surabaya. Meski mengajar di kota besar banyak sekali kendala yang terjadi dalam proses pembelajaran daring, untuk itu saya berusaha untuk bisa semaksimal mungkin meningkatkan kualitas dan kuantitas untuk belajar mengajar dengan baik.

            Alhamdulillah, di forum diklat online yang diadakan oleh APKS PGRI Provinsi Jatim saya mendapatkan ilmu baru untuk bisa belajar mengajar lebih baik lagi, bagaimana cara mengemas materi pembelajaran saya agar lebih menarik untuk disampaikan ke murid saya dalam masa pandemi covid-19 ini. 


Selama ini saya sudah belajar menggunakan media sosial, office 365, sway, google form, teams, zoom meeting. Kali ini saya bisa belajar membuat Blog dengan bimbingan dari :

1. Drs. H. Teguh Sumarno, M.M (Ketua PGRI Prov. Jatim)

2. Wijaya Kusumah, S. Pd, M.Pd (Guru Blogger Indonesia sebagai Pemateri)

3. Drs. Bambang Sutego, M.M (Ketua APKS PGRI Prov. Jatim sebagai Moderator)

4. Edi Purwanto, S.W, S.Kom (Blogger Surabaya sebagai Instruktur)

5. St Handk, S. Pd (Blogger Surabaya sebagai Instruktur)


Banyak sekali ilmu yang dapat saya peroleh dari beliau semua, terima kasih yang tak terhingga untuk para pengurus PGRI Prov.Jatim yang telah memfasilitasi serta kepada para pemateri dan instruktur yang sudah berkenan membagi ilmu pada saya. Semoga guru Indonesia semakin maju dan sehat selalu serta terhindar dari covid-19 untuk berjuang mencerdaskan anak bangsa.

Wassalamualaikum, Wr. Wb

12 komentar:

  1. Tulisannya bagus bu..., terimakasih atas motivasinya buat saya

    BalasHapus
  2. ok bagus, lanjutkan terus semangatnya!!!

    BalasHapus
  3. Mari kita sama-sama semangat untuk mencerdaskan anak bangsa bu titik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap semangat Bu Triana, semoga cerdas semua

      Hapus
  4. Semangat berkarya. Hikmah pandemi, kita jadi semakin 'melek' teknologi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap semangat berguru pada Cikgu Ima yang hebat

      Hapus
  5. Lanjutkan karyamu semoga lebih maju dan sukses dunia akherat dan jangan bosan berbagi ilmu nggih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin.....
      Siap Bu Moet saling berbagi dalam dunia maya meski tak saling berjumpa

      Hapus
  6. Mari kita belajar sepanjang hayat dan berlath mwnulos di nlog senaga media pembelajaran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap OmJay.....Terimakasih atas motivasinya

      Hapus

Guru Maya